Pages

Sabtu, 03 Agustus 2013

EFEK PENGGUNAAN TELEPON GENGGAM TERUTAMA DI KALANGAN PELAJAR



Saat ini penggunaan telepon genggam di kalangan masyarakat terutama pelajar sudah bukan menjadi hal yang aneh untuk dilihat. Semakin berkembangnya zaman semakin pesat pula penemuan dan teknologi, tak terkecuali telepon genggam atau yang biasa disebut HP  (Handphone). Awal mula kemunculan HP ini sangat beragam, mulai dari yang biasa saja atau tidak memiliki fitur canggih hingga HP yang memiliki TV di dalam salah satu fiturnya.
Semakin canggih HP semakin beragam pula jenisnya, dari tipe nokia yang sudah di kenal sejak dulu hingga produk baru seperti nexian, cross, maxtron, dan sebagainya. Namun sayangnya banyak khalayak yang tidak tahu akan efek negative dari penggunaan handphone yang berlebihan, salah satunya yaitu penyakit baru yang disebut “Siku Telepon Genggam”. Penyakit ini  sering muncul ketika penggunaan berlebih yang dapat menyebabkan tertekannya syaraf senyar, yang mengalir melalui lengan bawah dan bercabang ke tangan.

EFEK NEGATIF TELEPON GENGGAM
Berikut ini sejumlah dampak negative yang bisa ditimbulkan akibat radiasi yang berlebihan dari ponsel dan menara BTS :
1.      Peningkatan resiko kanker otak pada anak-anak dan remaja hingga 400 persen akibat penggunaan ponsel. Makin muda usia pengguna, makin besar dampak yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel.
2.      Pada orang dewasa, radiasi ponsel juga berbahaya. Penggunaan ponsel 30 menit/hari selama 10 tahun dapat meninggalkan resiko kanker otak dan acoustic neuroma (sejenis tumor otak yang bisa menyebabkan tuli).
3.      Medan electromagnet disekitar menara BTS dapat menurunkan system kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh lebih sering mengalami reaksi alergi seperti ruam dan gatal-gatal.
4.      Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit/hari selama 4 tahun bisa memicu hilang pendengaran (tuli). Radiasi ponsel yang terus menerus bisa memicu Tinnitus (telinga berdenging) dan kerusakan sel rambut yang merupakan sensor audio pada organ pendengaran.
5.      Frekuensi radio pada ponsel juga mempengaruhi kinerja alat-alat penunjang kehidupan seperti alat pemicu jantung. Akibatnya bisa meningkatkan resiko kematian mendadak.
6.      Radiasi ponsel juga berbahaya bagi kesuburan pria. Menurut penelitian, penggunaan ponsel yang berlebihan bisa menurunkan jumah sperma hingga 30 persen.
7.      Frekuensi radio pada ponsel bisa menyebabkan perubahan pada DNA manusia dan membentuk radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan karsinogen atau senyawa yang dapat memicu kanker.
8.      Medan magnetic disekitar ponsel yang menyala bisa memicu kerusakan system syaraf yang berdampak pada gangguan tidur. Dalam jangka panjang kerusakan itu dapat mempercepat kepikunan.
EFEK SAMPING / GANGGUAN DARI KEGUNAAN HANDPHONE

1.      Handphone yang sering ditaruh disaku/kantong celana akan menimbulkan proses berkurangnya sperma bahkan bisa juga berakibat fatal yaitu berhentinya sperma, apabila handphone tersebut bergetar atau menerima panggilan maka akan menimbulkan secara tidak langsung getaran listrik pada tubuh.
2.      Handphone yang sering ditaruh disaku/kantong baju juga berakibat pada proses denyut jantung yang berkurang apabila juga HP tersebut bergetar / menerima panggilan.
Solusinya yaitu HP ditaruh pada ikat pinggang dengan menggunakan tempat HP khusus ikat pinggang untuk kenyamanan.

EFEK NEGATIF BAGI PELAJAR
1.      Mengganggu perkembangan anak
2.      Efek radiasi
3.      Rawan terhadap tindak kejahatan
Silahkan klik : SIKU TELEPON GENGGAM


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar